Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Ads

Jackyhd.com – Cara menghasilkan uang dari Facebook Ads. Fb Ads adalah layanan periklanan yang dibuat oleh Facebook by Meta. Fitur tersebut memungkinkan untuk memperkenalkan bisnis, jasa, dan produk kepada pengguna Facebook.

Jadi, bukan berarti cara menghasilkan uang dari Facebook menggunakan Fb Ads adalah kita dibayar setelah bekerja di Fb Ads. Melainkan sebaliknya, kita memanfaatkan layanan Fb Ads untuk meningkatkan jangkauan bisnis dengan harapan orderan meningkat.

Karena Facebook Ads memiliki fitur penargetan yang sangat rinci, jadi iklan kita bisa lebih tertarget menjangkau orang yang benar-benar ingin membeli produk atau jasa kita. Tapi untuk menggunakannya, kita harus tahu panduan beriklan di Facebook.

Berbeda dengan cara menghasilkan uang dari WhatsApp, cara mendapat uang dari Fb Ads dari beriklan sedikit lebih rumit. Ada beberapa pengaturan dan setting pada dashboard Fb Ads yang harus kita ikuti secara terstruktur.

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Ads Terbaru

Berikut langkah-langkah beriklan dan cara menghasilkan atau mendapatkan uang dari Facebook Ads terbaru. Silahkan simak dan ikuti langkah-langkah panduan beriklan untuk menjangkau lebih banyak pengguna Facebook tertarget.

1. Buka Facebook Ads

Langkah pertama tentu saja buka terlebih dahulu halaman Facebook Business Suite. Pastikan pula bahwa Anda sudah login ke akun Facebook yang digunakan untuk membuat halaman Facebook yang ingin dijadikan media beriklan.

2. Pilih Buat Iklan

Contoh di sini kita menggunakan akun iklan personal (bisa juga menggunakan akun iklan bisnis Facebook, namun pembuatannya memakan waktu agak lama). Cara membuat iklan adalah dengan klik “Buat Iklan” atau “+ Buat” pada saat Anda baru pertama masuk dashoard Facebook Ads.

3. Tentukan Tujuan Iklan

Langkah berikutnya cara menghasilkan uang dari Facebook Ads adalah menentukan tujuan iklan. Facebook memiliki beberapa kategori beriklan, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Masing-masing kategori iklan memiliki tujuan berbeda, yang dijelaskan lebih lanjut dalam detail berikut.

Kesadaran

  • Kesadaran Merek, yaitu iklan Facebook Ads untuk meningkatkan brand awareness Anda dan menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar tertarik
  • Jangkauan, yaitu iklan Facebook Ads untuk menampilkan iklan Anda pada jumlah maksimal dari orang sesuai dengan anggaran Anda

Pertimbangan

  • Lalu lintas/Trafik, yaitu iklan Facebook Ads untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website Anda atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi Anda.
  • Interaksi, yaitu iklan Facebook Ads untuk mendapatkan interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada acara yang akan Anda selenggarakan atau untuk promo mengenai produk Anda.
  • Pemasangan aplikasi, yaitu iklan Facebook Ads untuk menginginkan orang lain menginstal aplikasi yang Anda buat.
  • Penayangan video, yaitu iklan Facebook Ads untuk mendapatkan lebih banyak orang menonton video yang Anda buat.
  • Pembuatan prospek, yaitu iklan Facebook Ads untuk mengumpulkan data dari orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda, data tersebut dapat berupa alamat email.
  • Pesan, yaitu iklan Facebook Ads untuk mengajak target audience untuk mengirim pesan ke bisnis Anda di Messenger atau WhatsApp
🔥 Trending:   Cara Menjadi YouTuber yang Menghasilkan Uang

Konversi

  • Konversi, yaitu iklan Facebook Ads untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada website Anda.
  • Penjualan katalog produk, yaitu iklan Facebook Ads untuk menampilkan iklan mengenai produk katalog Anda sesuai dengan target yang ditentukan.
  • Kunjungan toko, yaitu iklan Facebook Ads untuk meningkatkan pelanggan mengunjungi toko Anda

4. Pilih Jenis Iklan Facebook

Apabila sudah mennetukan tujuan iklan, Anda dapat memilih jenis iklan Facebook. Dalam menu ini, Facebook memiliki beberapa jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Anda perlu memilih salah satu di antara dua jenis iklan tersebut, tidak bisa digunakan secaara bersamaan.

Uji Split memungkinkan Anda membuat dua iklan dengan konten yang mirip, yaitu konten A dan konten B. Target audience bisa dibagi ke dalam dua dan akan melihat iklan yang berbeda. Dengan demikian Anda bisa melihat konten iklan mana yang lebih banyak trafik.

Di langkah ini pula Anda akan diminta untuk menentukan anggaran iklan pada Facebook Ads. Perhitungan biaya iklan ini didasarkan pada jenis industri dan persaingan bid yang terjadi, meliputi:

  • CPC (Cost Per Click) adalah jenis pembayaran iklan Facebook Ads berdasarkan banyaknya klik yang dilakukan pengguna Facebook pada iklan Anda.
  • CPM (Cost Per Mille) dihitung per 1000 penayangan iklan Facebook Ads, mirip dengan penayangan di media elektronik lain.
  • CPV (Cost Per View) adalah jenis biaya iklan Facebook Ads per satu kali lihat, cocok untuk produk yang lebih menarik ditampilkan melalui video.
  • CPA (Cost Per Action) perhitungan CPA Facebook Ads berdasarkan transaksi yang terjadi di website Anda.
  • CPL (Cost Per Like) merupakan jenis perhitungan biaya iklan Facebook Ads berdasarkan banyaknya like untuk halaman Facebook Anda.
🔥 Trending:   Cara Menghasilkan Uang di Blogspot

5. Tulis Nama Iklan dan Tujuan Trafik

Langkah berikutnya Anda harus menulis nama iklan Anda, dengan tujuan supaya lebih mudah mengecek performa iklan pada FB Ads. Kemudian, Anda juga harus memilih tujuan trafik Anda ke mana, mau website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.

6. Tampilkan Promo

Apabila Anda tengah menjalankan promo dalam bisnis Anda, Anda bisa centang bagian tampilkan promo untuk menampilkannya. Dengan fitur ini, Anda bisa mendorong lebih banyak konversi dari konsumen yang Anda targetkan.

7. Tentukan Target Audience

Anda bisa menentukan spesifikasi target audience berdasarkan faktor-faktor di bawah ini.

  • Pemirsa Khusus, untuk mengatur jangkauan orang yang pernah berhubungan dengan Anda, baik secara online atau offline.
  • Lokasi, untuk mengatur lokasi dari target meliputi negara, negara bagian/wilayah, kota, kode pos, alamat, atau Designated Market Areas.
  • Umur, bertujuan untuk mengatur usia target iklan Anda, dalam rentang 13-65 tahun, bisa disesauikan dengan produk yang Anda iklankan.
  • Jenis Kelamin, Anda bisa menentukan iklan untuk ditampilkan secara khusus pada jenis kelamin tertentu, laki-laki atau perempuan saja.
  • Bahasa, apabila Anda sudah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, Anda bisa membiarkan ini kosong kecuali pemirsa yang Anda targetkan menggunakan bahasa tidak umum di lokasi yang Anda pilih.
  • Penargetan Terperinci, untuk menargerkan iklan secara lebih terperinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya.
  • Koneksi, berguna apabila Anda ingin menampilkan iklan ke orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi, ataupun acara Anda.

8. Tentukan Penempatan Iklan

Kemudian, Anda diminta untuk menentukan penempatan iklan yang ingin ditampilkan. Anda bisa memilih penempatan iklan otomatis, maupun secara spesifik memilih ditampilkan hanya di Desktop atau Mobile aplikasi saja.

9. Pilih Jadwal

Anda juga perlu memilih jadwal iklan Facebook Anda, apakah ingin dijalankan langsung ketika iklan disetujui atau mulai dalam beberapa hari ke depan. Selain itu Anda juga bisa mengatur waktu berhentinya iklan apabila diinginkan.

🔥 Trending:   Cara Menghasilkan Uang dari Google AdSense

10. Pilih Format Iklan

Di sini bagian yang sangat penting, Anda harus memilih format iklan bagaimana yang ingin ditampilkan kepada audience Anda. Terdapat beberapa jenis format iklan yang Facebook Ads tawarkan, di antaranya sebagai berikut.

  • Karosel: Tampilan iklan Facebook Ads dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser.
  • Gambar Tunggal: Tampilan iklan Facebook Ads dengan 1 gambar.
  • Video Tunggal: Iklan Facebook Ads dengan sebuah video.
  • Tayangan Slide: Iklan Facebook Ads dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar
  • Koleksi: Iklan Facebook Ads dapat berupa gabungan gambar dan video.

11. Buat Teks Iklan

Pada bagian ini, silahkan tulis deskripsi iklan Anda. Anda perlu membuat deskripsi iklan yang menarik dan singkat, sehingga audience Anda bisa langsung paham tujuan dari iklan Anda ditampilkan kepada mereka.

12. Pilih Materi Iklan

Berikutnya, cara menghasilkan uang dari Facebook Ads adalah memilih maetri iklan. Setiap format iklan Facebook Ads membutuhkan materi berbeda, meliputi gambar, video, tautan, judul, dan deskripsi harus dimasukkan semuanya dengan jelas.

13. Bayar Iklan Facebook Ads

Anda bisa melakukan pembayaran dengan berbagai macam metode pembayaran, mulai dari kartu kredit, kartu debit, e-wallet, atau minimarket. Setelah melakukan pembayaran, nanti Facebook akan me-review iklan Anda apakah disetujui atau tidak.

Akhir Kata

Ulasan tentang cara menghasilkan uang dari facebook ads terbaru mungkin cukup sampai di sini terlebih dahulu sesuai pembahasan di atas. Semoga panduan di atas bisa membantu Anda agar bisnis bisa dijangkau oleh lebih banyak orang.