Cara Menghasilkan Uang dari Google AdSense

Jackyhd.com – Cara menghasilkan uang dari Google AdSense. Google adalah sebuah perusahaan besar, bila kita beranggapan pendapatan Google hanya dari mesin pencari saja, maka jawaban tersebut sudah dipastikan salah.

Google memiliki banyak platform, salah satunya adalah AdSense yang merupakan program monetisasi untuk para pemilik blog dan channel YouTube. Dari AdSense, Google mengajak brand dan pemilik konten untuk bekerja sama.

Sebagai pemilik konten blog atau video YouTube, Anda bisa mendaftar program monetisasi AdSense agar konten Anda dipasangi iklan. Apabila ada yang klik dan menonton iklan pada konten Anda, Google akan membagikan komisi yang didapat dari advertiser.

AdSense menjadi salah satu platform untuk menghasilkan uang di Android atau PC paling favorit di masa sekarang. Bila Anda ingin lebih tahu tentang cara mendapatkan uang dari Google AdSense, di sini kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Cara Menghasilkan Uang dari Google AdSense Terbaru

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara mendapat atau menghasilkan uang dari Google AdSense terbaru. Anda ibsa menyimak informasi lengkapnya pada ulasan dan penjelasan di bawah berikut ini.

1. Buat Situs yang Memenuhi Syarat

Langkah pertama cara menghasilkan uang dari Google AdSense adalah membuat situs yang memenuhi syarat terlebih dahulu. Perhatikan bahwa jenis istus tertentu berperforma lebih baik dibandingkan situs lain dalam Google AdSense.

Mengenai konten, terdapat dua jenis konten yaitu yang menarik orang baru ke situs Anda setiap hari dan konten yang mendatangkan kembali pengunjung ke situs Anda. Idealnya, Anda harus mendapatkan traffic seimbang di antara keduanya.

Situs yang bagus untuk didaftarkan AdSense memiliki konten menarik bagi pengunjugn baru dan berulang, di antaranya situs-situs berikut.

  • Situs blog
  • Situs berita
  • Forum dan grup diskusi
  • Jaringan sosial khusus
  • Fitur online gratis

2. Mendaftar Google AdSense

Langkah selanjutnya tentu saja Anda harus membuat akun Google AdSense terlebih dahulu. Untuk YouTube, pendaftaran AdSense bisa dilakukan di halaman YouTube Studio -> Monetisasi. Sedangkan untuk blog, bisa mengikuti panduan berikut ini.

  • Pertama, buka halaman Google AdSense
  • Klik Mulai
  • Login ke akun Google Anda.
  • Masukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan, untuk pertama bisa menggunakan domain tld terlebih dahulu seperti .com, .net, .org, dan lainnya.
  • Pilih apakah Anda ingin AdSense mengirimkan saran performa dan bantuan yang disesuaikan atau tidak.
  • Sebaiknya pilih “Ya” supaya pihak AdSense bisa membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari Google AdSense.
  • Setelah itu pilih negara atau wilahah pembayaran Anda.
  • Anda harus memastikan memilih negara/wilayah tempat Anda tinggal saat ini dan tempat Anda dapat menerima Nomor Pengenal Pribadi (PIN) melalui pos.
  • Hal ini akan membantu Anda menerima pembayaran di masa mendatang.
  • Selain itu, ke depannya Anda tidak dapat mengubah negara/wilayah di AdSense di lain waktu.
  • Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense yang ditampilkan kemudian.
  • Klik Mulai gunakan AdSense.
  • Sekarang Anda berhasil login ke akun AdSense yang baru.

Setelah Anda mendaftar AdSense, mungkin ada beberapa menu yang berwarna abu-abu dan tidak bisa diklik. Artinya, AdSense sedang meninjau situs Anda dan ada beberapa tugas yang harus diselesaikan sebelum AdSense dapat mengaktifkan akun Anda sepenuhnya.

3. Gunakan Berbagai Jenis Iklan

Setelah Anda diterima program AdSense, perusahaan yang berbeda akan menggunakan jenis gaya iklan ketika membuat iklan pada Google AdWords. Mereka akan memiliki opsi membuat iklan berbasis teks sederhana, iklan gambar, atau video.

Karena pengiklan memiliki opsi membuat iklan dalam berbagai format, maka Anda harus memberikan kesempatan kepada audiens untuk terhubung dengan pengiklan yang iklannya kemungkinan besar akan diklik. Tentu menggunakan berbagai jenis iklan yang ada di situs Anda.

Format iklan yang ditawarkan oleh AdSense, aplikasi Google penghasil uang yaitu:

  • Teks, hanya iklan berisi kata-kata.
  • Responsif, yaitu iklan responsif secara otomatis menyesuaikan ukuran, tampilan, dan formatnya.
  • Gambar, iklan berbentuk statis dalam format JPG atau PNG, atau grafik animasi dalam format GIF.
  • Iklan promosi aplikasi, yaitu iklan untuk meningkatkan download dan engagement aplikasi dengan iklan promosi aplikasi.
  • Video, iklan yang menjalankan iklan video terpisah atau masukkan iklan tersebut dalam konten video streaming.
  • Iklan shopping produk, yaitu iklan yang menampilkan foto produk, judul, harga, nama toko, dan detail lainnya tentang produk Anda kepada pengguna.
  • Iklan khusus panggilan telepon, mirip seperti iklan teks dengan tombol call to action telepon ke nomor advertiser.

Ketika menentukan jenis iklan, pastikan Anda memperhatikan pengalaman pengguna. Anda harus memiliki lebih banyak konten dibandingkan iklan pada halaman Anda, serta gunakanlah Google Analytics utnuk menguji jumlah, penempatan, dan gaya iklan yang paling cocok.

4. Terapkan Iklan ke Situs

Apabila situs Anda memiliki banyak konten, Anda bisa menerapkan beberapa iklan ke situs Anda. Mulai dari iklan berdasarkan unit iklan, iklan otomatis, atau bahkan iklan penelusuran yang baru saja diluncurkan oleh AdSense.

Selain memberikan pengalaman barus bagi pengguna, itu memungkinkan mereka menemukan konten spesifik di situs Anda. Khusus iklan penelusuran, AdSense akan membantu memaksimalkan iklan sehingga lebih banyak dilihat oleh pengguna.

5. Raih Penghasilan di YouTube

Google AdSense bukan cuma ditujukan kepada mereka yang membuat konten berbasis teks saja. Melainkan mereka juga bisa menayangkan iklan pada konten video unik yang Anda unggah pada channle YouTube pribadi untuk cara menghasilkan uang dari Google lainnya.

Setelah membuat channel, kemudian Anda bisa membuka fitur channel YouTube dan mengaktifkan program monetisasi. Hal ini kemudian akan membuat Anda bisa menghubungkan YouTube ke AdSense dan mulai meraih penghasilan.

Apabila Anda sudah diterima program AdSense YouTube, Anda bisa memilih video mana yang ingin dimonetisasi dan jenis iklan apa yang ingin ditampilkan kepada penonton. Cukup buka YouTube Studio, centang video yang ingin dimonetisasi, dan pilih setelan iklannya.

Akhir Kata

Ulasan tentang cara menghasilkan uang dari google adsense terbaru mungkin cukup sampai di sini terlebih dahulu sesuai pembahasan di atas. Semoga ulasan yang Anda simak di atas bisa bermanfaat untuk tahu cara dapat uang dari AdSense.