Cara Menghasilkan Uang dari Telegram

Jackyhd.com – Cara menghasilkan uang dari Telegram. Dalam beberapa tahun terakhir, Telegram telah berkembang menjadi salah satu platform media sosial atau chatting online yang banyak digunakan bahkan hampir menyaingi WhatsApp.

Popularitas Telegram bisa dilihat dari jumlah download-nya di Play Store atau App Store yang sudah mencapai ratusan juta sampai dengan miliaran. Dengan jumlah pengguna yang banyak, tak heran Telegram bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Cara untuk menghasilkan uang dari Telegram berbeda dengan cara menghasilkan uang dari Facebook. Sebab Telegram tak memiliki fitur selengkap Facebook dan bahkan aplikasi tersebut bisa dikatakan sangat terbatas fiturnya.

Tapi bila Anda ingin tahu bagaimana atau langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang via Telegram, maka artikel ini adalah tulisan yang tepat. Kami akan menuliskannnya untuk Anda mengenai cara dan triknya di bawah ini.

Cara Menghasilkan Uang Gratis dari Telegram

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang via Telegram dengan mduah. Simak informasinya secara langsung melalui pembahasan yang kami rangkum dari banyak referensi di internet.

1. Jual Grup Telegram

Cara pertama yang direkomendasikan untuk mendapatkan uang dari Telegram adalah dengan jual grup Telegram berfollowers banyak. Apalagi jika grup Telegram itu memiliki anggota grup yang sudah cukup banyak dan aktif.

Misalnya Anda memutuskan ingin menjual grup ini kepada orang yang ingin berjualan, ingin membuat forum, dan sebagainya, pasti sangat laku. Anda bisa mengumpulkan terlebih dahulu followers grup Telegram dalam jumlah banyak.

Contoh lain Anda ingin berjualan produk di grup tersebut, juga sangat bisa. Namun pastikan bahwa produk yang ingin Anda jual sesuai dengan tema dari grup itu. Misalnya mau berjualan akun game, maka member grupnya juga harus memiliki minat yang sama.

2. Jual Channel Telegram

Alternatif lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari Telegram ialah jual channel. Channel Telegram berbeda dengan grup, karena di channel pengguna hanya bisa follow dan mendapatkan informasi dari admin saja.

Cara membangun channel Telegram supaya banyak pengikut juga tak terlalu susah. Jika Anda ingin membuat channel khusus untuk belajar saham, maka Anda bisa materi saham gratis bentuk artikel ke dalam channel tersebut.

Perlahan namun pasti, kemudian anggota akan semakin bertambah banyak dan ikut dalam channel itu akan membacanya. Lalu jika Anda memiliki anggota channel yang banyak, Anda bisa menjualnya kepada orang yang membutuhkan.

3. Developer Bot Telegram

Opsi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah di Telegram juga bisa dilakukan dengan membuat bot Telegram. Dalam hal ini, Anda harus bisa membuat bot Telegram minimal yang sederhana dan praktis.

Salah satu faktor yang menjadi keunggulan dari aplikasi Telegram adalah adanya Bot. Bot Telegram merupakan sebuah sistem robot yang diprogram dengan serangkaian perintah untuk menjalankan instruksi secara otomatis sesuai keinginan pengguna.

Anda bisa menjadi developer atau penciptanya kemudian menjual keahlian tersebut kepada orang yang membutuhkan. Anda bisa meminta para pengguna supaya dapat melakukan pembayaran membership agar tetap bisa menikmati fitur tersebut.

4. Endorsement

Jika Anda tidak ingin menjual channel Telegram karena sudah memiliki banyak followers, sayang kalau dijual dengan harga murah, Anda bisa mencoba alternatif menghasilkan uang lain. Caranya ialah dengan membuka jasa endorsement di channel Telegram.

Baik itu grup atau channel memang bisa dimanfaatkan untuk dijual. Tapi sebagian orang merasa sayang saja bila menjualnya. Jadi Anda bisa manfaatkan grup atau channel yang sudah berkembang itu dengan menerima endorse atau paid promote.

Contohnya seperti jika Anda menerima kerja sama dengan sebuah brand forex atau saham. Anda bisa coba promosikan dan review produk tersebut di channel Telegram milik Anda supaya bisa dilihat oleh banyak orang, lalu mendapatkan bayaran sesuai kesepakatan.

5. Jasa Kelola Akun Telegram

Selain beberapa cara menghasilkan uang di Telegram gratis dan mudah di atas, cara lain yang bisa dicoba lakukan adalah dengan membuka jasa kelola aplikasi Telegram. Pasti kita tahu ada banyak grup dan channel Telegram dengan jumlah member ratusan ribu.

Para admin menggunakannya untuk bisnis, terutama paid promote atau endorse. Tapi dalam beberapa kesempatan mereka merasa kesulitan mengelolanya apalagi jika memiliki lebih dari satu grup dan channel Telegram.

Anad bisa menawarkan jasa pengelolaan akun Telegram per bulan, 3 bulan, atau per tahun dengan bayaran sesuai kesepakatan masing-masing. Sedikit informasi tambahan, selain dari aplikasi Telegram ini, Anda juga bisa menerapkannya pada aplikasi media sosial lain.

6. Jual Barang atau Produk

Menjual barang dan produk sendiri juga bisa menjadi opsi cara mendapatkan penghasilan dari Telegram dengan cepat dan mudah. Apalagi jika varian produk tersebut berupa produk fisik seperti pakaian, hijab, krim perawatan hingga makanan cepat saji.

Menjual produk milik pribadi tentu memberi keuntungan lebih besar dibandingkan jual produkorang. Namun, apabila Anda memang belum bisa menciptakan produk sendiri, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk orang lain.

Meski hanya sebagai reseller atau dropshipper, tapi ingatlah bahwa bukan tidak mungkin jika penjualan Anda menjadi semakin bagus dan memiliki banyak pelanggan, ke depannya Anda bisa menggunakan keuntungan untuk modal membuat brand sendiri.

7. Buzzer Telegram

Buzzer merupakan satu karakteristik pengguna Telegram yang bisa membuat sebuah topik hangat serta viral untuk dibicarakan. Cara mendapat penghasilan gratis dari Telegram dengan menjadi buzzer juga bisa dilakukan.

Cara ini terbilang amat mudah, yaitu Anda hanya perlu mengangkat topik tertentu sesuai keinginan, menjadikan topik tersebut ramai dibicarakan, dan selesai. Setelah dinilai sukses membuat berita menjadi viral, Anda bisa langsung mendapatkan bayaran.

Sebenarnya cara menjadi seorang buzzer di Telegram tidak susah. Hanya saja syaratnya Anda membutuhkan followers atau teman dalam jumlah banyak yang real bukan palsu. Dengan demikian pengiklan akan percaya kredibilitas akun Telegram Anda.

8. Pemburu Kuis Berhadiah

Apabila Anda ingin berkesempatan memperoleh uang dari Telegram dengan lebih mudah, Anda dapat mencoba untuk menjadi pemburu kuis serta giveaway di Telegram. Belakangan ini pengguna Telegram menjumpai banyak toko online, perusahaan, atau instansi pemerintah yang mengadakan givewaway kuis berhadiah.

Sebagai pengguna Telegram, Anda pun dapat mencoba peruntungan dengan mengikuti salah satu di antara giveaway tersebut. Berbicara soal kuis di Telegram, sebenarnya anda bisa menemui banyak macam kuis dengan syarat dan tugas yang berbeda.

Tugas-tugas yang bisa dilakukan untuk memenangkan giveaway adalah dengan repost, beradu kreativitas postingan, mention teman, serta lainnya. Anda hanya tinggal rajin-rajin saja ikut giveaway dan berharap pada keberuntungan.

9. Affiliate Marketing

Cara memperoleh uang dari Telegram selanjutnya yang tak kalah praktis serta sangat mudah ialah dengan memanfaatkan affiliate marketing. Cara atau tahapan yang dilakukan ini sistemnya mempromosikan produk maupun jasa yang dijual di marketplace maupun toko online.

Setelah menjalankan tugas tersebut, Anda berkesempatan mendapatkan penghasilan dari setiap produk yang terjual kepada orang yang mmebuka tautan Anda sebarkan di Telegram. Cara ini sebenarnya juga bisa dilakukan di media sosial lainnya.

Alternatif cara menghasilkan uang online dari channel dan grup Telegram ini cukup efektif dan tidak ribet dilakukan khususnya bagi pemula. Karena selain gratis tanpa modal, tugas Anda juga sangat mudah yaitu hanya menyebarkan URL dan mengajak orang lain klik tautan itu.

Akhir Kata

Sekian artikel dari kami pada kesempatan ini yang membahas cara menghasilkan uang dari telegram gratis. Semoga Anda bisa memanfaatkan Telegram untuk mulai menghasilkan uang dengan mudah dan cepat.